- Pertanyaan 1. Setelah membaca mengenai perladangan berpindah dan pertanian tebas bakar, dalam kaitan dengan kegiatan dan/atau usaha yang dapat menimbulkan pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup, jelaskan apakah perladangan berpindah sama atau berbeda dengan pertanian tebas bakar disertai dengan penjelasannya.
- Pertanyaan 2. Mengingat setelah dilarang ternyata perladangan berpindah dan pertanian tebas bakar masih terus dilakukan, dalam kaitan dengan materi kuliah mengenai penggalangan partisipasi masyarakat sampaikan satu saran mengenai apa yang sebaiknya dilakukan oleh pemerintah, daripada hanya melarang dan memberikan sanksi.
- Pertanyaan 3. Setelah membaca mengenai pro dan kontra terhadap perladangan berpindah dan pertanian tebas bakar, sebutkan satu cara pratik tersebut dapat merusak lingkungan dalam kaitan dengan materi kuliah mengenai pengendalian perubahan iklim dan satu cara praktik tersebut dapat bermanfaat terhadap lingkungan dalam kaitan dengan materi kuliah mengenai pelestarisn fungsi lingkungan hidup, masing-masing disertai dengan penjelasannya.
- Pertanyaan 4. Pendeta John Campbell-Nelson menyebut dalam tulisannya, "Berikut adalah daftar dosa terhadap lingkungan alam." Jelaskan apakah dalam tulisannya secara tersirat dia menyampaikan bahwa yang peling bertanggung jawab memikul dosa-dosa yang disebutkannya adalah petani yang melakukan perladangan berpindah dan pertanian tebas bakar atau pihak lain. Jika pihak lain, sebutkan pihak mana dan jelaskan mengapa pihak tersebut yang paling bertanggung jawab. Berikan penjelasan dalam kaitan dengan materi kuliah mengenai partisipasi masyarakat.
- Pertanyaan 5. Setelah membaca tulisan Pendeta John Campbell-Nelson, jelaskan perubahan mendasar seperti apa yang perlu Anda lakukan agar cara beragama Anda bisa menjadikan diri Anda mengasihi bukan hanya sesama manusia, tetapi juga mengasihi lingkungan hidup. Berikan penjelasan dalam kaitan dengan materi kuliah mengenai peranan generasi muda dalam memanfaatkan peluang pengendalian lingkungan.
- Pertanyaan 6. Anak-anak Muda yang begitu bersemangat mengajak orang lain menjadi kaya sebagaimana yang dipamerkannya mungkin tidak mengerti mengenai apa itu lingkungan hidup, lebih-lebih apa itu jejak kaki ekologis. Berbeda dengan Anda yang sudah pernah menghitung jejak kaki ekologis dengan menggunakan layanan situs Footprint Calculator dari 8billiontrees, tentu sudah tahu berapa banyak hutang yang perlu Anda bayar dengan cara menanam pohon. Setelah melakukan penghitungan jejak kaki ekologis diri sendiri, silahkan bantu menghitungkan jejak kaki ekologis anak muda kaya raya dengan menjawab setiap pertanyaan dengan jawaban yang sesuai dengan gaya hidup anak muda bergaya hidup yang mereka sebut sultan. Tentukan berapa besar jejak kaki ekologis anak muda bergaya hidup sultan dan berapa kali lebih besar dari jejak kaki ekologis Anda sendiri.
- Pertanyaan 7. Setelah membaca dan/atau menonton tayangan video mengenai Mbah Sadiman dan kegiatan yang dilakukannya, sebutkan dan jelaskan satu hal yang dapat menginspirasi Anda dalam kaitan dengan materi kuliah mengenai permasalahan, tantangan, dan peluang pengendalian lingkungan hidup ke depan.
- Pertanyaan 8. Berkaitan dengan hubungan antara pohon dan mata air, sebagai mahasiswa Prodi Kehutanan Anda tentuk sudah mengetahui apa itu daur hidrologis (hydrologic cycle) atau daur air (water cycle). Jika belum, silahkan klik tautan dan baca untuk mempelajari. Dalam kaitan dengan daur hidrologis atau daur air, jelaskan bagaimana banyak pohon bisa menghidupkan mata air, apakah memang perlu ada banyak pohon di sekitar mata air atau banyak pohon di pegunungan yang merupakan daerah tangkapan mata air.
- Pertanyaan 9. Mungkin Mbah Sadiman tidak harus membaca mengenai jenis kerangka (species framework) untuk memilih menanam jenis-jenis beringin. Namun sebagagai mahasiswa Prodi Kehutanan, Anda perlu membaca mengenai apa itu jenis kerangka. Setelah membaca mengenai apa itu jenis kerangka, sebutkan dan kemudian jelaskan minimal tiga hal yang dapat menjadikan jenis-jenis beringin berperan sebagai jenis kerangka.
- Pertanyaan 10. Sampaikan permintaan bergabung ke grup Masyarakat Ficus atau grup Relawan Ficus Nusa Tenggara lalu buat postingan mengenai jenis Ficus pada satu di antara kedua grup tersebut. Salin tautan postingan Anda sebagai jawaban pertanyaan ini dan jelaskan alasan Anda membuat postingan dengan topik sebagaimana yang telah Anda bagikan.
Selamat Datang
Belajar Pengendalian Lingkungan adalah blog yang dibuat untuk mendukung mahasiswa Prodi Kehutanan Fakultas Pertanian Undana mempelajari metodologi penelitian. Silahkan kunjungi blog Ilmu Lingkungan untuk mempelajari materi kuliah ilmu lingkungan. Mahasiswa wajib membaca materi kuliah sebelum melaksanakan kuliah untuk mempersiapkan pertanyaan guna didiskusikan pada saat pelaksanaan kuliah. Silahkan klik halaman Daftar Isi untuk mengakses materi kuliah secara langsung.
Panduan Mencari Pustaka dan Menggunakan Zotero
Bagi mahasiswa yang memerlukan dukungan perekaman data kepustakaan dan perujukan pustaka secara otomatis dalam menyusun karya ilmiah, silahkan mempelajari: (1) Mengenal dan Memilih Gaya Perujukan Pustaka, (2) Mencari dan Memilih Pustaka Daring, (3) Mengunduh dan Memasang Program Aplikasi Zotero, (4) Menggunakan Zotero Connector untuk Merekam Data Kepustakaan, (5) Menggunakan Program Aplikasi Zotero untuk Mengelola Data Kepustakaan, dan (6) Menggunakan Program Aplikasi Zotero untuk Merujuk Pustaka dan Membuat Daftar Pustaka.
Pertanyaan Ujian Akhir Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023 Kelas 1
Silahkan membaca kasus 1 untuk menjawab Pertanyaan 1 sampai Pertanyaan 5 dan membaca Kasus 2 untuk menjawab Pertanyaan 6 sampai Pertanyaan 10.